Cara Mengoleskan Diaper Cream yang Benar

Kamu mungkin sudah sering mendengar masalah kulit satu ini. Diaper rush atau ruam popok. Seperti namanya, diaper rush atau ruam popok merupakan masalah kulit pada bayi yang terjadi karena gesekan popok. Popok yang bergesekan terus menerus ini akhirnya menjadikan kulit melepuh, memerah hingga terjadi terkelupas. Keadaan kulit bayi biasanya bisa lebih parah bila tidak sering mengganti popok yang digunakan. Salah satu cara mengatasi masalah ini tentunya dengan menggunakan diaper cream bayi yang tepat.

Cara Mengoleskan Diaper Cream yang Benar

Cara memandikan bayi yang tepat juga akan sangat berpengaruh untuk menghindari terjadinya diaper rush. Salah satunya memastikan kebersihan daerah lipatan kulit, kelamin dan juga area bokong.

Namun bila diaper rush tetap terjadi, di bawah ini merupakan cara menggunakan diaper cream yang tepat.

1. Gunakan sebelum terjadi ruam popok

Kesalahan pertama dalam menggunakan diaper cream bayi, ibu hanya mengoleskan ketika terjadi ruam. Padahal seharusnya diaper cream digunakan sebelum ruam terjadi. Idealnya, cream dioleskan setiap kali mengganti popok. Tentunya untuk memastikan tak terjadi pergesekan antara popok dengan kulit bayi.

2. Diaper cream dengan kandungan anti bakteri dan bahan natural

Cara penggunaan diaper cream berikutnya, pastikan kandungan bahan di dalamnya. Diaper cream seharusnya memiliki kandungan antibakteri. Ini penting karena nantinya cream tak hanya menghindari terjadinya gesekan saja. Namun juga memastikan tak ada bakteri pada kulit dari popok bayi.

Selain itu karena diaper cream akan digunakan setiap hari pada kulit bayi, pastikan mengandung bahan yang natural atau alami.

3. Gunakan krim ke seluruh area kulit

Banyak ibu yang hanya menggunakan diaper krim di bagian sela kulit saja. Terutama sela kulit yang bergesekan langsung dengan popok. Padahal sebaiknya, diaper cream digunakan pada seluruh area kulit yang terkena popok. Ini karena area kulit yang tidak bergesekan pun memiliki resiko terpapar bakteri sehingga terjadi ruam.

Dengan cara penggunaan yang tepat seperti dijelaskan di atas, tentunya kamu bisa memastikan menggunakan diaper cream yang benar untuk melindungi kulit bayi. Jadi yuk coba praktikan cara di atas ya.

0 komentar