4 Makanan Tahan Lama Yang Wajib Diketahui

Indonesia merupakan negara yang tidak hanya terkenal dengan wisata alam yang luar biasa menakjubkan, namun juga sangat terkenal dengan citarasa kuliner yang sangat lezat dan enak. Bahkan, beberapa makanan dari Indonesia tidak hanya terkenal dengan rasanya yang nikmat di lidah, namun juga praktis karena sangat awet ataupun tahan lama. Lebih jelasnya, berikut beberapa jenis makanan tahan lama dari Indonesia yang wajib Anda ketahui, yaitu:

4 Makanan Tahan Lama Yang Wajib Diketahui

Keumamah (Ikan Kayu)

Keumamah merupakan salah satu makanan olahan ikan laut dari ikan tongkol. Ikan tongkol menjadi makanan khas dari Aceh yang cara pembuatannya melalui beberapa tahapan, seperti ikannya yang direbus dan dibelah lalu bagian tulang dan kepalanya akan dibuang.

Setelahnya daging ikan tongkol tersebut akan dikeringkan dibawah terik matahari hingga menjadi keras, kaku dan kenyal. Maka dari itu, jangan heran jika keumamah ini juga sering disebut sebagai ikan kayu. Nah, agar lebih tahan lama biasanya keumamah ini akan dilumuri dengan tepung tapioka.

Sehingga keumamah nantinya bisa disimpan hingga satu tahun ataupun lebih. Nah, keumamah ini bisa Anda olah menjadi makanan yang sangat lezat, baik itu Anda tumis dengan berbagai bumbu pilihan maupun hanya digoreng untuk dijadikan laut nasi.

Rendang

Makanan khas dari tanah Minang Sumatera Barat ini tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga di seluruh Indonesia. rendang juga pernah masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia.

Perlu Anda ketahui, yang membuat rendang semakin disukai ialah karena proses memasak hingga membuat teksturnya menjadi kering, akhirnya membuat makanan khas Minang ini menjadi salah satu makanan tahan lama yang sangat populer di Indonesia.

Oleh sebab itu, jangan heran jika rendang sangat cocok dijadikan makanan saat Anda bepergian jauh ataupun jika Anda hendak mengirimkannya kepada orang-orang terdekat.

Sie Reuboh (Daging Rebus)

Sie reuboh merupakan makanan khas dari Aceh yang cara masaknya tidak hanya sekedar daging yang direbus saja. Sie reuboh ini memiliki ciri khas dengan bumbu kuat yang kaya akan rempah-rempah dan cuka khusus untuk menambah rasa asamnya, serta untuk melunakan tekstur dagingnya menjadi lebih empuk.

Untuk menambah cita rasanya menjadi lebih lezat dan unik, biasanya sie reuboh ini akan dimasak dengan menggunakan kuali tanah yang menggunakan api dari kayu. Perlu Anda ketahui, makanan yang sangat identik dengan tradisi Meugang ataupun hari perayaan besar dalam Islam seperti hari raya Idul Fitri dan Idul Adha ini juga bisa disimpan hingga berhari-hari.

Sebenarnya masakan olahan dari daging sapi, kerbau ataupun kambing ini semakin lama dimasak dan simpan maka rasanya akan jauh lebih enak dan nikmat.

Abon

Abon sama seperti rendang yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya, baik itu daging ayam, sapi maupun ikan.

Abon memiliki bentuk berupa serat daging yang diproses sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan cita rasa yang sangat gurih, manis serta sangat lezat. Makanan tahan lama ini bisa dikonsumsi jangka panjang dan dinikmati dengan seporsi nasi hangat serta gurih.

0 komentar