Pengertian Sedekah Online dan Keutamaannya

Zaman sekarang siapa sih yang tidak tau internet? Pasti segala sesuatu mulai beranjak online, mulai dari belanja, membaca sampai dengan urusan sedekah juga bisa menggunakan sedekah online dan wakaf online. Bagaimana sih sedekah online itu? Apakah diperbolehkan dalam Islam? Lalu keutamaannya sedekah online itu apa? Yu, simak uraian tentang sedekah online di bawah ini.

Pengertian Sedekah Online dan Keutamaannya

Apa itu Sedekah?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) sedekah adalah memberikan sesuatu yang ditujukan pada yang berhak menerima seperti miskin, fakir, yatim dan lain sebagainya. Sedekah sendiri dilakukan di luar kewajiban zakat. Sedekah yang dilakukan merupakan untuk mengamalkan hartanya dijalan Allah tanpa mengharapkan imbalan atau ikhlas yang semata-mata hanya berharap ridho Allah SWT sebagai bentuk dari bukti kebenaran iman seseorang.

Sedangkan istilah lain dari sedekah yaitu durasi atau derma. Jadi, bisa dikatakan bahwa sedekah online adalah sebuah pemberian yang dilakukan dengan cara online baik itu melalui aplikasi atau website. Sebagaimana yang telah diwahyukan oleh Allah di dalam Alquran surat al-baqarah ayat 245:

“Barang siapa yang mau memberi tahu Pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran meminta dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepda-Nya-lah kamu memuji. ”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa arti dari shodaqoh adalah menyisihkan atau mendermakan uang di jalan Allah. Pemberian sedekah kepada kerabat, fakir miskin maupun orang lain harus dilakukan hanya mengharapkan ridho dari Allah saja sehingga akan membuat paha menjadi berlipat ganda baik itu di dunia atau juga di akhirat.

Keutamaan Bersedekah yang Wajib Diketahui

Sedekah dengan ikhlas dilakukan bukan karena bentuk iman kita kepada Allah, akan tetapi masih banyak lagi keutamaan yang perlu diketahui.

• Sedekah dengan ikhlas bisa menjadi jalan untuk mendapatkan perlindungan serta naungan Arys ketika hari kiamat nanti
• Sedekah adalah obat dari berbagai macam penyakit baik itu penyakit jasmani atau penyakit rohani
• para orang yang bersedekah akan di lipatgandakan oleh Allah SWT (QS. Al-Baqarah: 245)
• Sedekah bisa menjadi wakil fakta dari kebenaran seseorang
• Sedekah bisa menjadi penghapus kesalahan
• Sedekah bisa membersihkan harta dan mensucikannya dari berbagai macam kotoran
• Sedekah menjadi tanda bahwa seseorang taqwa kepada Allah SWT (QS. Al-Baqarah: 2-3)
• Sedekah bisa dijadikan sebagai perisai dari neraka
• Sedekah bisa membuat orang tersebut terlindungi di padang mahsyar
• Orang yang bersedekah akan menjadi salah satu dari 7 orang yang akan dinaungi ketika di akhirat nanti

Macam-macam Sedekah 

Sedekah itu bukan hanya berupa uang saja melainkan masih banyak macam-macam yang lainnya. Berikut ini adalah beberapa macam sedekah yang bisa diamalkan sehari-hari:

• Tasbih, Tahlil, dan Tahmid

Sedekah berupa tasbih, tahlil dan juga tahmid bisa kita makan sehari-hari sebagaimana hadits dari Aisyah ra bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: “bahwasanya dari setiap anak Adam itu diciptakan 360 sendi. Maka barangsiapa ia bertakbir, tahmid, tasbih, istighfar, membuang batu, membuang duri atau juga membuang tulang dari jalan, Amar ma'ruf nahi mungkar, maka perbuatan tersebut akan dihitung 360 persendian. Dan ketika ia sedang berjalan pada waktu itu, sementara iya terlepas dari api neraka.” (HR. Muslim)

• Bekerja dan Memberi Nafkah untuk Sanak Keluarganya
Dari Al-Miqdan bin Ma'dikarib Al-Zubaidi ra bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “tidak ada satu pekerjaan pun yang paling mulia yang dilakukan oleh seseorang yang yang mana ia bekerja dengan cerita ayahnya sendiri. kemudian ia bisa menafkahkan hartanya untuk dirinya sendiri, keluarganya, anaknya dan juga pembantunya dan itu akan menjadi shodaqoh.” (HR. Ibnu Majah)


• Shadaqah Harta (Materi)

Sedekah yang paling umum yaitu sedekah harta atau materi. Nah, sedekah harta atau materi inilah yang bisa dilakukan baik itu secara manual atau langsung diberikan kepada seseorang yang membutuhkan namun juga bisa dilakukan secara online. Sedangkan bersedekah online sendiri tidak mengurangi pahala yang akan didapatkan karena sama halnya dengan sedekah pada umumnya hanya caranya saja yang dilakukan secara online.

Nah, sekarang sudah tahu bukan pengertian sedekah online dan juga keutamaannya? Jadi malas pergi ke masjid untuk menyisihkan uang kita kepada yang membutuhkan tidak menjadi alasan lagi karena sudah bisa melakukan sedekah di rumah secara online. Yuk, sedekah!

0 komentar