Inilah Dekorasi Imlek yang Tak Boleh Ketinggalan Ada di Rumah

Perayaan Imlek selalu menjadi perayaan yang meriah bagi masyarakat Tionghoa. Tahun baru China membawa pengharapan baru akan kehidupan yang lebih baik untuk rezeki dan kesehatan.

Inilah Dekorasi Imlek yang Tak Boleh Ketinggalan Ada di Rumah

Pengharapan ini diwujudkan bukan hanya dari kegiatan yang dilakukan saat perayaan Imlek saja melainkan juga dari dekorasi rumah yang dikhususkan sejak menjelang Imlek. Jika bagi masyarakat non Tionghoa hanya melihat dekorasi yang serba merah saja, maka masyarakat keturunan Tionghoa melihatnya sesuai dengan makna yang ada dari masing-masing hiasan di rumah mereka.

Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah macam-macam dan makna hiasan Imlek yang tak boleh absen dari rumah masyarakat keturunan Tionghoa saat merayakan Imlek:

1. Patung atau gambar Dewa Dapur.

Dewa Dapur merupakan dewa yang paling penting bagi masyarakat Tionghoa. Dewa Dapur melindungi perapian atau rezeki dan keluarga. Saat menjelang Imlek, gambar Dewa Dapur lama dibakar dan digantikan dengan gambar yang baru.

2. Pita hias merah.

Sering melihat pita hias berwarna merah di perayaan Imlek? Bukan hanya untuk hiasan saja, namun pita tersebut sering digunakan sebagai kado dengan tujuan untuk jimat pelindung. Pita tidak memiliki simpul ini menandakan harapan panjang umur dan hiasan kekuningannya dipercaya melindungi pemilik jimat dari roh jahat.

3. Lampion merah.

Meski banyak warna lampion yang sekarang ini dijual di pasaran, namun lampion merah tetap menjadi pilihan saat Imlek. Lampion merah memiliki simbol sebagai pengharapan akan masa depan yang lebih baik. Lampion sendiri juga dipercaya sebagai penghalau raksasa jahat sebagai wujud dari keangkaramurkaan.

4. Chunlian.

Kertas merah dengan tulisan huruf China ini biasanya ditempelkan di pintu-pintu rumah ataupun pintu gerbang. Memiliki teks berisi puisi yang berisi doa dan harapan.

5. Ukiran kertas.

Jika biasanya ukiran terbuat dari kayu, maka di perayaan Imlek Anda akan sering melihat ukiran dari kertas yang menggambarkan berbagai lambang seperti buah persik, pohon pinus, ikan koi dan bebek mandarin. Semua lambang memiliki makna tersendiri yang berarti positif.

Selain kelima dekorasi di atas masih banyak lagi dekorasi yang biasa ada di perayaan Imlek. Untuk mengetahui lebih detail mengenai Imlek, Anda bisa membuka blog EF Adults yang berisi berbagai informasi menarik yang sayang jika dilewatkan.

0 komentar