Keutamaan Zakat yang Wajib Dipahami Kaum Muslim

Zakat ialah salah satu perbuatan ibadah yang wajib untuk dilakukan bagi umat muslim. Kewajiban tersebut telah disebutkan dalam Alquran. Selain itu, zakat online merupakan salah satu dari rukun Islam. Dengan demikian, zakat menjadi salah satu dari unsur pokok tegaknya syariat Islam. Keutamaan zakat juga perlu untuk dipahami oleh setiap kaum muslim. Berikut ini adalah alasan tentang zakat yang wajib dipahami kaum muslim.

Keutamaan Zakat yang Wajib Dipahami Kaum Muslim

Pengertian Zakat

Kata zakat sendiri asalnya dari bahasa Arab yakni  زكاة  (zakah) yang mengandung arti suci, bersih, berkah, subur dan berkembang. Sedangkan pengertian zakat menurut istilah yakni mengeluarkan sejumlah harta yang dilakukan oleh umat muslim yang kemudian akan diberikan kepada golongan tertentu yang berhak menerima zakat dan telah sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Sebagaimana di dalam surat al-baqarah ayat 43, Allah SWT berfirman:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya: “dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat serta ruku’lah bersama orang-orang yang ruku'”.

ayat tersebut menjelaskan bahwa saja orang yang beragama Islam yang mengerjakan salat dengan benar serta menunaikan zakat adalah orang-orang yang yang termasuk ke dalam golongan orang yang ruku yakni golongan umat nabi Muhammad SAW.

Jenis-jenis Zakat

Ada dua jenis zakat yang ditunaikan oleh umat muslim yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Berikut ini pengertian dari keduanya:

·      Zakat Fitrah

Zakat fitrah yaitu Zakat yang dikeluarkan oleh setiap muslim pada bulan suci Ramadan yakni menjelang idul Fitri dan hukumnya wajib. Besar zakat yang harus dikeluarkan yaitu setara dengan 2, 5 kg atau 3,5 liter makanan pokok seperti beras. Akan tetapi jika tidak memiliki makanan pokok, maka makanan pokok atau beras tersebut bisa diganti berupa uang yang jumlahnya senilai dengan 2,5 kg atau 3,5 liter beras. Kemudian zakat tersebut diberikan kepada lembaga penyalur zakat yang kemudian akan didistribusikan kepada orang yang menerima zakat.

Zakat wajib dilakukan setiap jiwa yang mana bukan hanya untuk dirinya sendiri, namun juga semua orang yang ada dalam tanggungannya seperti istri, anak maupun orang tua.

·      Zakat Harta (Maal)

Jenis zakat yang selanjutnya yaitu zakat maal atau Zakat harta yang akan dikeluarkan oleh seorang muslim yaitu mencakup hasil perniagaan, hasil laut, hasil pertanian, hasil ternak, emas, perak, hasil pertambangan dan hasil temuan.

Menghitung zakat maal bisa dilakukan dengan menggunakan rumus 2,5% x jumlah harta yang tersimpan selama 1 tahun. Masing-masing dari jenis harta punya perhitungannya sendiri seperti untuk hewan ternak kerbau, kuda dan sapi memiliki nisab 30 ekor. Itu artinya semua orang yang punya hewan-hewan tersebut atau salah satu di antaranya yang berjumlah 30 ekor atau lebih wajib membayar zakat.

Sedangkan untuk domba dan kambing 40 ekor dan nisab unta 5 ekor. untuk harta berupa emas jika jumlahnya sudah mencapai 20 Dinar yaitu setara dengan 85 gram serta syarat yang sudah mencapai 200 gram atau setara dengan 672 gram dalam setahun wajib membayar zakat sebanyak 2,5% dari total harta yang dimilikinya.

Keutamaan Menunaikan Zakat

Keutamaan zakat sangat banyak yaitu sebagai berikut:

·      Sifat Penghuni Surga

Orang yang menunaikan zakat adalah salah satu dari sifat orang-orang yang menghuni surga. hal tersebut sebagaimana yang telah disebutkan dalam Alquran surat Al zariyat ayat 15-19.

·      Mendapatkan Rahmat Allah

Rahmat Allah akan turun kepada seorang muslim yang salah satunya adalah orang yang menunaikan zakat. Hal tersebut sebagaimana yang telah disebutkan dalam surat At Taubah ayat 71.

·      Menyuburkan Harta Zakat

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam surat Al Baqarah ayat 276 dijelaskan bahwa Allah akan menyuburkan harta bagi orang-orang yang mengeluarkan zakat.

·      Diberi Naungan dari Panas Hari Kiamat

Orang yang menunaikan zakat kelak di hari kiamat akan mendapatkan naungan dari panasnya yang mana pada saat itu tidak akan ada naungan kecuali dari Allah SWT. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits “terdapat tujuh golongan yang akan diberi naungan oleh Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan (dari)Nya: yaitu seseorang yang melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang dilakukan oleh tangan kanannya”. (HR Bukhari No 660)

·      Membuka Pintu-pintu Rezeki

Menunaikan zakat juga akan memberikan keutamaan yaitu akan membersihkan harta dan mengembangkannya serta akan dibukakan pintu-pintu rezeki baginya. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda “harta yang dikeluarkan karena bersedekah tidak akan berkurang...” (HR Muslim No 2588)

·      Menghapuskan Kesalahan

zakat juga memiliki keutamaan yang mana bisa menghapus kesalahan dan dosa sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits dari Mu’adz bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda “sedekah bisa memadamkan kesalahan seperti air memadamkan api” (HR Tirmidzi No 609)

·      Bukti Keimanan

Sebagaimana yang dijelaskan dalam kitab syarh Al mumti bahwa zakat menjadi bukti kebenaran iman seseorang. Karena sejatinya setiap harta amatlah dicintai oleh setiap jiwa dan tidak akan mau mengorbankannya yang amat dicintainya tersebut kecuali untuk mengharapkan sesuatu yang lebih untuk dicintainya.

·      Membersihkan Akhlak

Di dalam kitab zaadul ma'ad bahwa Ibnu qoyyim menjelaskan, zakat bisa menjadi media untuk membersihkan akhlak seseorang serta dapat melapangkan dadanya. Di samping itu, orang yang menunaikan zakat termasuk ke dalam golongan para dermawan dan dikeluarkan dari golongan orang-orang yang bakhil. Seseorang yang dengan ikhlas dan kemurahan hati mengeluarkan zakat, maka kelapangan dalam jiwanya akan dirasakannya.

·      Menjaga Harta dari Orang Jahat

Zakat bisa menjaga harta miliknya dari orang jahat yang akan menjelma hartanya.

·      Membantu Orang Fakir dari Kemiskinan

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab al-fiqh al-islami wa adillatuhu bisa membantu orang-orang fakir serta orang-orang yang membutuhkan. Yakni menggandeng tangan mereka untuk memulai semangat dan usaha baru jika mereka adalah orang yang mampu dan membantu mereka untuk menjalani hidup yang lebih mulia jika mereka adalah orang lemah. Zakat secara langsung bisa melindungi masyarakat dari kemiskinan serta melindungi negara dari kelemahan dan kemerosotan.

·      Penopang Negara Islam

Kitab al-fiqh al-islami wa adillatuhu juga menyebutkan bahwa zakat telah berpartisipasi dalam menopang negara Islam. Yakni dengan memberikan ketika dibutuhkan untuk menolak serangan musuh, mempersiapkan pasukan serta membantu fakir.

·      Bentuk Mensyukuri Harta

Sebagaimana dalam kitab Adz-Dzakhirah bahwa Al Qurafi menjelaskan zakat merupakan bentuk dari rasa mensyukuri harta yang dimiliki. Orang yang menunaikan zakat akan senantiasa merasakan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

·      Mendekatkan Diri Kepada Allah

Zakat juga bisa menjadi media untuk mendekatkan diri kepada Allah serta bisa meningkatkan ketaatan dan keimanan kepada Allah.

Nah, jadi jangan takut untuk menunaikan zakat karena sejatinya zakat tidak akan membuat kita miskin. Justru orang yang menunaikan zakat akan mendapatkan keutamaan zakat yang mana hartanya menjadi lebih berkah dan rezekinya akan ditambah. Semoga bermanfaat.

0 komentar