Beli Tiket Kereta Api di Era New Normal, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Dalam upaya menyambut dan menerapkan era New Normal, PT KAI pun menerapkan serangkaian protokol kesehatan dalam melayani para penumpang kereta api. Protokol tersebut pun diterapkan dalam hal pembelian tiket, di mana PT KAI akan meniadakan loket penjualan tiket di seluruh stasiun.

Beli Tiket Kereta Api di Era New Normal, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Kalau begitu, bagaimana caranya Sahabat akan bisa mendapatkan tiket kereta api yang dibutuhkan untuk perjalanan, misalnya tiket kereta Jakarta Surabaya? Sahabat tak perlu khawatir, karena ditiadakannya loket penjualan tiket tak lantas berarti bahwa Sahabat maupun para pengguna layanan kereta api tidak bisa mendapatkan tiket yang dibutuhkan, kok!

Karena seperti yang sudah Sahabat ketahui, Sahabat bisa melakukan pembelian tiket kereta api secara online. Salah satunya adalah melalui aplikasi KAI Access yang digarap langsung oleh PT KAI. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi atau website online travel agent (OTA) yang resmi.

Apabila sebelum pandemi adanya opsi pembelian tiket kereta api secara online ini lebih difokuskan pada faktor kepraktisan dan kemudahan membeli tiket tanpa harus antre, lain halnya di era New Normal saat ini. Pasalnya, pembelian tiket secara online diterapkan sebagai bagian dari protokol kesehatan demi meminimalisir risiko penyebaran virus corona karena kontak fisik dengan orang lain maupun benda yang berpotensi menularkan virus.

Meski demikian, PT KAI tetap membuka loket pembelian tiket kereta api. Hanya saja, tiket yang dijual hanyalah tiket Go-show, alias tiket untuk kereta api yang jadwal keberangkatan adalah pada hari itu juga. Selain itu, tiket Go-show hanya akan tersedia mulai dari 3 jam sebelum jam keberangkatan kereta. Jadi, misalnya kereta yang akan Sahabat naiki berangkat jam 8 malam – artinya, Sahabat baru bisa membeli tiket kereta tersebut di loket secara langsung mulai dari jam 5 sore.

Dengan demikian, loket pembelian tiket di stasiun tidak bisa melayani reservasi tiket lagi. Dan untuk reservasi ini, misalnya reservasi tiket kereta Jakarta Surabaya untuk minggu depan, Sahabat bisa gunakan aplikasi untuk pemesanan secara online.

Sudah mendapatkan tiket yang dibutuhkan? Langkah berikutnya adalah pastikan bahwa Sahabat sudah memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, ya! Persyaratan tersebut meliputi hasil tes CPR (tes swab) negatif yang berlaku selama 7 hari ATAU rapid test dengan hasil non-reaktif yang berlaku 3 hari, serta Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) untuk perjalanan dari/ke Jakarta.

Di samping itu, pastikan kondisi tubuh Sahabat sehat yang ditunjukkan lewat suhu tubuh di bawah 37 derajat Celcius dan bebas gejala seperti demam, flu, batuk, dan pilek. Dan pastinya, selalu kenakan masker dan pakailah face shield yang disediakan petugas selama di lingkungan stasiun maupun sepanjang perjalanan. Bawa juga hand sanitizer untuk membersihkan tangan Sahabat dengan mudah selama di dalam kereta.

0 komentar